Sering kita mendengar sebutan Event
Organizer. Sebelum berbicara Panjang lebar tentang event organiser yang acap
kita dengar tersebut kita harus mengerti terlebih dadulu tentang apa ap aitu
event organizer dan apa saja kriteria event organizer. Istilah ini saat sekarang
memang sangat popular, karena dunia EO di berbagai tempat semakin berkembang.
Bahkan, kini beberapa pihak telah menjadikannya EO untuk menggantungkan nasib
menghidupi keluarga dan dijadikan sebagai profesi. Organizer tidak jauh beda
pengertiannya dengan sebuah organisasi atau kepanitiaan, mulai dari level
tingkat rendah atau low level event sampai pada high level event. Mungkin
Sebagian dari kita juga acapkali terlibat dengan apa yang namanya organisasi
atau kepanitiaan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Adrie Subono seorang
dedengkot EO dari JAVA Musikkindo.
Menyebut bahwa Event Organizer adalah penyelenggara sebuah acara kegiatan.
Sedangkan menurut pakar manajemen dari
Universitas Indonesia yakni Rhenald Kasali, menyatakan bisnis Event Organizer
adalah bisnis yang menerapkan konsep manajemen secara berkesinambungan dan
konsisten dalam mengeksplorasi dunia entertainment sedetail-detailnya. Bahkan
rinci dan penuh dengan pernak-pernik. Dibangun
dari sebuah tim yang mencatat every single detail dari proses memilih acara,
mengemas acara, memenuhi pembayaran, mengurus perizinan, meyakinkan keamanan
pelaksanaan, merekam gejolak keinginan pasar, serta menyiapkan teknologi, dan
pemasarannya, sampai pada event report (laporan pertanggung jawaban) atau
evaluasi. Selanjutnya Indro’Kimpling’Suseno seorang EO yang juga kerabat
Purapakualaman dalam bukunya: Cara Pinter Jadi Event Organizer, mengatakan
bahwa Event Organizer adalah sekelompok orang yang terdiri dari tim pelaksana,
tim pekerja, tim produksi, dan tim manajemen yang melaksanakan tugas
operasional suatu program acara.
Segala event yang diadakan memiliki tujuan
untuk mendapatkan benefit atau keuntungan bagi pihak penyelenggara maupun pihak
yang mempercayakan kegiatannya ditangani EO. Keuntungan yang bagai sisi mata
uang tidak mutlak harus material namun
juga dapat berupa non meterial. Event Organizer telah di kenal baik dilingkup kemasyarakatan,
lingkungan pekerjaan, ataupun di lingkungan pendidikan (in-house production).
Diantaranya; kepanitian peringatan hari-hari besar nasional keagamaan juga
kegiatan yang sering kita laksanakan di lingkup terkecil sekalipun. Bahkan Out
Bond di lingkungan kerja, kepanitian ulang tahun sekolah juga tour pun seringkali dikerjasamakan dengan
EO.
Dalam perkembangan dunia usaha di Yogyakarta,
event organizer kini telah menunjukkan ada geliat yang menumbuhkan harapan
baru. Hal ini di buktikan dengan semakin menjamurnya berbagai bentuk badan
usaha yang bergerak dalam bidang barang maupun jasa, baik itu skala kecil
maupun besar. Salah satunya adalah Event Organizer. Dalam pengertian ini yang
di maksudkan dengan Event Organizer lebih mengarah pada profesi, yaitu suatu
lembaga baik formal maupun non formal, yang di percaya untuk melakukan
kegiatan. Untuk sebuah kelancaran acara evcent organizer memiliki peran yang
sangat strategis. Saking strategisnya maka bermunculanlah Event Organizer:
Peran EO dapat dilihat pada pelaksanaa
tugasnya untuk menyelenggarakan berbagai event sesuai spesifikasinya. Peran EO
dalam tugas-tugasnya adalah sebagai berikut :
1.
EO adalah penyelenggara acara. Semua yang berhubungan dengan acara dari
persiapan sampai laporan jadi tanggung jawab.
2.
Tugas utama EO dan prinsipnya adalah mengorganisir acara secara keseluruhan
dari A sampai Z
3.
Tugas EO adalah membantu kliennya untuk dapat menyelenggarakan acara yang
diinginkan, full support!, kenapa klien tidak menyelenggarkan acaranya sendiri
karena 6 keterbatasan sumber daya manusia yang fokus dalam hal ini dan bukan
tugas utama mereka.
4. Klien punya fokus yang besar untuk brand
dan perusahaannya. Maka disini ada demand dan opportunity yang besar untuk EO
bisa masuk. EO dapat membantu klien untuk mempromosikan brand perusahaannya.
5.
Klien menyerahkan event kepada EO yang profesional di bidangnya dan pastinya
hasilnya harus lebih bagus daripada dikerjakan sendiri
6.
EO adalah usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh kliennya, guna
mengorganisasikan seluruh rangkaian acara mulai dari perencanaan, persiapan,
eksekusi hingga evaluasi dalam rangka mewujudkan tujuan yang diharapkan klien
untuk acara.
7.
EO harus jadi penyedia solusi bisnis untuk kebutuhan klien, support untuk
bersama memikirkan keputusan yang terbaik dan pas bagi event.
8.
Peran EO adalah sebagai business partner, bukan pelayan, secara hirarki,
sejajar dengan klien maka tanggung jawab sama besar.
Betapa besar fungsi dari event organizer
sehingga layaklah keberadaannya untuk dikembangkan. Bahkan EO dapat dijadikan
sebagai profesi yang dapat menghidupi keluarga. Oleh karenanya penulkis
meyakini dengan peran EO yang sedimikian dan dikaitkan dengan posisi Yogyakarta sebagai kota pariwisata,
budaya, Pendidikan dan juga banyaknya hotel-hotel yang menyelenggarakan
acara maka peran Event Organizer sangat strategis dan butuh dibina. Bahkan jika perlu membentuk suatu wadah ikatan EO Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar